5 Cara Ampuh Menjaga Supaya Motor Tidak Kemalingan!

5 Cara Ampuh Menjaga Supaya Motor Tidak Kemalingan!

Bukan hanya mobil saja yang punya fitur keamanan yang melimpah. Karena tidak sedikit juga teknologi yang diterapkan pada sepeda motor untuk meningkatkan kemanan dari pencurian agar aman dari maling. Walaupun memang, pencuri-pencuri yang berkeliaran juga semakin pintar dalam membobol berbagai fitur keamanan yang ada pada motor. Kita pastinya merasa was-was terus ketika parkir di tempat umum. Karena pencuri bukan hanya berani melakukan aksinya di garasi rumah saja, tapi di tempat parkir yang ada penjaganya pun berani.

Untuk mengingatkan anda memaksimalkan berbagai fitur kemanan motor dari pabrikan dan juga sebagai informasi agar motor aman dari curanmor, berikut tips-tips nya.

1. Kunci Stang ke Arah Kanan!

Anda pasti merasa bingung dengan hal ini, karena menurut refleks kebiasaan tangan dan menurut aturan pabrik, melakukan penguncian stang dilakukan dengan memutarkan kunci ke arah kiri. Namun ternyata arah kunci stang ke kiri ini secara tidak langsung dapat memberi banyak ruang kepada maling motor membobolnya dengan Kunci T. Jika kita arahkan penguncian stang ke kanan, dapat mempersulit pembobolan karena untuk memutarkan Kunci T akan terasa sempit.

2. Teknologi Side Stand Switch

Gunakan standar dua dan standar samping ketika di parkirkan di tempat umum. Sudah hampir semua motor matic menggunakan teknologi Side Stand Switch. Untuk memaksimalkannya agar aman dari maling gunakan juga standar tengah dan samping untuk menambah durasi pelaku melakukan pembobolan.

3. Pasang GPS Tracker

Saat ini ada banyak aksesoris lokal dan alat keamanan untuk menjaga motor kesayangan dari hal yang tidak di inginkan, contohnya dengan menggunakan GPS atau alat pelacak untuk mengetahui lokasi kendaraan.

4. Lepas Bagian Vital Motor

Untuk anda yang akan berpergian jauh tanpa motor, dan menyimpan motor ini di rumah cukup lama, agan bisa mencoba melepaskan berbagai komponen penggerak Motor seperti Roda dan Busi agar pencuri motor kebingungan untuk melajukan kendaraan anda.

5. Kondisi Tempat Parkir yang Aman

Untuk meminimalisir anda jadi korban curanmor, apabila sering parkir di parkiran umum, sebaiknya perhatikan apakah tempat parkir menggunakan kartu parkir? Jika memungkinkan, selalu pilih yang menggunakan kartu parkir. Apabila tidak memungkinkan, maka lihat sebanyak apa motor yang parkir, kemudian ada berapa orang yang melakukan penjagaan. Pilih yang banyak penjaganya.