Apa Aja yang Harus Dipertimbangkan Waktu Pilih Boks Motor?

Apa Aja yang Harus Dipertimbangkan Waktu Pilih Boks Motor?

Kamu sempet bingung ga sih, cara bawa barang banyak waktu naik motor? Di ransel, suka ga muat. Mau ditenteng pake kantong, ribet sendiri. Kamu bisa lho, pasang boks di bagian belakang motor.

Boks ini fungsinya ya mirip bagasi mobil aja. Kamu juga pasti sering lihat dong ya, yang bentuknya kotak-kotak di belakang motor itu. Nah, tunggu dulu. Kamu jangan buru-buru beli boks motor. Setidaknya, kamu mesti pertimbangin kapasitas mesin motor, dan fitur pengaman boks.

Ukuran boks berdasarkan kapasitas mesin motor

Kamu harus tau soal ini. Jangan sampai kamu masang boks motor yang kelewat besar. Sebab, boks yang terlalu besar ini, bisa bikin laju motor melambat. Ilustrasinya kayak gini. Kalo kamu bawa ransel yang terlalu gede, jalanmu ga secepet kalo pake ransel yang ukurannya wajar.

Gimana sih cara tau, kalo ukuran boks pilihanmu, ga terlalu gede? Patokannya kayak gini. Kalau sepeda motormu berkapasitas 125 cc, maka pilihlah boks dengan daya tampung maksimal 30 liter.

Buat motor 250-400 cc, kamu bisa pakai boks yang kapasitasnya 35 liter. Terus, buat motor di atas 400 cc, kamu bisa pilih boks dengan kapasitas 50 liter. Untuk mempermudah kamu dalam memilih boks, kamu bisa jadikan ini sebagai patokan: lebar boks tidak boleh lebih lebar dari setang motor.

Fitur keamanan

Selain ukuran, fitur keamanan juga mesti jadi pertimbangan kamu buat milih boks motor. Jangan sampe boks motormu gampang kebuka, terus malah bikin bawaanmu kocar-kacir di tengah jalan.

Jadi, pastiin ya boks pilihan kamu punya fitur penguncian yang baik. Selain itu, fitur keamanan ini juga bisa menjauhkan kamu dari risiko kemalingan.

Tips mengendarai motor dengan boks

Yang wajib juga nih, kamu harus memahami karakter motormu dengan baik. Terlebih setelah dipasangi boks. Ada peribahasa modifikasi buat hal ini, “Tak kenal, maka tak aman.”

Setelah pasang boks, kamu harus bisa memperkirakan jarak aman dengan kendaraan-kendaraan di sekitar kamu. Jangan sampe pas kamu bermanuver, mau nyalip mobil di depan misalnya, boks motornya malah kesangkut di body mobil sebelah.

Bisa panjang kan urusannya. Sepanjang kisah cintamu yang bertepuk sebelah tangan.

Referensi:

https://www.liputan6.com/otomotif/read/3882294/jangan-sembarangan-ini-tips-aman-pilih-boks-sepeda-motor

https://sains.kompas.com/read/2015/08/06/102900130/Acuan.Aman.Memilih.Box.untuk.Sepeda.Motor

https://otomotif.kompas.com/read/2019/05/15/084200015/motor-pakai-boks-begini-teknik-yang-tepat-mengendarainya



  • 35
  • 0
  • 68
  • 6
  • 514
  • 1
  • 69
  • 10
  • 1,067
  • 14
  • 356
  • 834