Hati-hati, Kondisi Ini Ternyata Bisa Bikin Rem Blong

Hati-hati, Kondisi Ini Ternyata Bisa Bikin Rem Blong

Kamu pernah dong, lihat film dengan adegan rem motor blong? Kejadian kayak gitu sebenarnya ada lho, di dunia nyata. Makanya, kamu harus selalu hati-hati, ya!

Apalagi, ternyata kebiasaanmu dalam berkendara, bisa bikin rem motor blong. Kamu ga mau dong, kalau rem motor blong, pas lagi buru-buru ke rumah gebetan? Makanya, coba kamu baca baik-baik arikel ini, ya.

3 Penyebab rem blong yang kadang ga disadari

Katanya, cinta itu datang karena terbiasa. Tapi kalau kebiasaan kamu malah bikin rem blong, ya siapa yang mau jatuh cinta? Seperti apa sih, kebiasaan dan kondisi yang bisa bikin rem motor kamu jadi blong?

Memposisikan jari di tuas rem

Nah, kamu sering begini ya? Ternyata, kebiasaan yang selama ini kita pikir buasa saja, bisa memicu rem jadi blong. Soalnya, kebiasaan ini bikin kamu lebih sering ngerem, secara ga sengaja. Bahkan, ngerem sambil ngegas juga. Nah, kalo kamu ngeremnya terlalu sering, lama-lama rem bisa blong.

Rem yang kepanasan

Jika kamu terlalu memaksakan kinerja rem, alhasil rem bisa panas. Kalau sudah begini, seal di kaliper bakal memuai dan akhirnya membuat piston kaliper macet dan gagal menekan kampas. Makanya, rem bisa blong.

Selain itu, rem yang panas juga memang mengganggu kinerja disc brake atau piringan cakram. Sebab, piringan cakram yang kelewat panas, bakal memuai dan bikin permukaan licin. Akibatnya, daya cengkeram kampas rem pun berkurang.

Kurangnya minyak rem

Kondisi minyak rem yang tinggal sedikit, bisa mengurangi kemampuan ream motormu. Kok begitu? Soalnya, kalau minyak remnya kurang, berarti ada ruang kosong di master rem, yang malah akan terisi angin atau udara. Nah, rem motor kamu bisa blong gara-gara ini.

Setelah mengetahui penyebab-penyebab rem motor di atas, sebaiknya kamu lebih memperhatikan kondisi minyak rem ya. Jangan sampai minyak remnya kurang. Terus, jangan sering-sering meletakkan jari di tuas rem juga. Bukan berarti remnya kamu anggurin juga ya. Emangnya enak, kalau dianggurin terus?

Referensi:

https://oto.detik.com/motor/d-3974877/hati-hati-kebiasaan-ini-bikin-rem-motor-blong

https://www.gridoto.com/read/221024354/catat-nih-penyebab-rem-motor-matik-blong