Kenapa Knalpot Motor Tiba-tiba Berasap?

Kenapa Knalpot Motor Tiba-tiba Berasap?

Kamu mungkin udah sering mengalami kepala “berasap” di tanggal tua. Solusinya ya sabar-sabar nunggu gajian. Tapi gimana jadinya kalo ternyata yang berasap itu adalah knalpot motor kesayanganmu? Belum lagi kalo kejadiannya pas kamu lagi buru-buru.

Tenang, kamu ga sendirian. Soalnya, kejadian ini bukan hal langka buat motor 4 tak. “Mengebulnya” asap dari knalpot, bisa terjadi pada setiap jenis motor, baik itu motor bebek,¬†skutik, bahkan motor sport sekalipun.

2 Penyebab knalpot motor berasap

Pada umumnya, ada dua penyebab knalpot berasap. Pertama, karena bahan bakar, dan kedua, akibat oli. Seperti apa ciri-ciri setiap penyebabnya tersebut?

  • Knalpot berasap karena bahan bakar

Kalau knalpot motor mengeluarkan asap berwarna hitam, itu tandanya merupakan efek dari bahan bakar. Biasanya, kondisi ini muncul pada motor yang memakai karburator sebagai sistem pembakarannya. Motor injeksi jarang mengalaminya.

Motor bisa mengalami kejadian ini, apabila ada kerusakan atau kesalahan penyetelan karburator. Lantas, kenapa kerusakan ini minim terjadi pada motor injeksi? Sebab, penyetelan pada motor injeksi, dilakukan dengan sistem injeksi. Hal ini berbeda dari motor dengan karburator, yang penyetelannya dikerjakan secara manual.

  • Knalpot berasap karena oli

Jika asap akibat bahan bakar atau karburator berwarna hitam, lain halnya dengan oli. Apabila yang bermasalah adalah oli, maka asap yang keluar dari knalpot motormu, akan berwarna putih, bukan hitam.

Cara mengatasi knalpot motor berasap

Ketika knalpot motormu mengeluarkan asap, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan. Jika cukup pede melakukannya sendiri, kamu bisa langsung mencobanya. Namun kalau kamu ga yakin, minta tolong sama teknisi di bengkel, ya!

  • Setel ulang ECU

Apabila knalpot mengeluarkan asap hitam, artinya ada gangguan dalam proses pembakaran bahan bakar pada mesin. Akibatnya, ada lebih banyak bensin yang masuk, dibandingkan udara. Untuk mengatasinya, kamu disarankan untuk menyetel ulang electronic control unit (ECU).

  • Perhatikan seal klep

Nah, kalau asap yang keluar berwarna putih, kamu sudah tau kan sekarang, itu tandanya ada masalah dengan oli? Ternyata, oli itu ga bakal mengalir ke ruang bakar hingga knalpot, jika seal klep masih dalam kondisi bagus. Oleh karena itu, coba cek seal klep motor kamu. Jangan-jangan seal klepnya bocor.

Sekarang jangan buru-buru panik ya, kalau knalpot motormu berasap. Kalau gebetanmu panik, kamu bisa jelasin juga kan, jadinya?

Referensi:

https://otomotif.kompas.com/read/2018/01/18/170500315/kenali-penyebab-knalpot-motor-berasap

https://www.liputan6.com/otomotif/read/3590956/knalpot-motor-4-tak-ngebul-kenali-penyebabnya