Kenapa Sih Harus Pakai Helm Waktu Naik Motor?

Kenapa Sih Harus Pakai Helm Waktu Naik Motor?

Gimana sih cara menyeleksi calon-calon pacar yang pas buat kamu? Coba tanyain satu hal ini sebelum kamu boncengin, “Mau pake helm?” Nah, kalau dia jawab, “Nggak usah,” maka inilah pertanda, kamu mesti jomblo lagi.

Memangnya kamu mau, punya pacar yang ga pake helm waktu dibonceng? Ingat! Pertama, yang penting itu keselamatan berkendara! Kedua, jalanan aspal atau bahkan tanah itu, bukan jeli yang empuk.

4 Bagian Penting Helm yang Bisa Selamatkan Nyawa

Entah itu perjalanan jauh maupun jarak dekat, memakai helm ini wajib hukumnya. Ya sebenarnya bukan soal tilangnya, tapi nyawa kamu itu lho! Helm milikmu itu sebenarnya punya 4 fitur yang bisa selamatkan nyawamu.

1. Outer shell

Bagian ini bisa kamu lihat dengan sangat jelas. Istilahnya, luarannya helm lah, yang bagian keras. Bagian ini terbuat dari termoplastik seperti polycarbonate, maupun komposit yang diperkuat oleh serat.

Bagian ini dirancang untuk memberikan tekanan, ketika menghantam benda keras. Sehingga, risiko yang akan dialami kepala kamu juga bisa berkurang.

2. Penahan goncangan

Disebut juga sebagai impact-absorbing liner, penahan goncangan ini biasanya terbuat dari polysterene. Kamu mungkin melihatnya sebagai styrofoam. Fungsinya semacam shock breaker, yaitu untuk meredam goncangan yang terjadi.

3. Bantalan

Bantalan yang juga disebut sebagai padding ini, merupakan lapisan yang terdiri dari busa dan kain. Kamu bisa merasakannya di samping kepala. Bantalan ini berfungsi untuk menghadirkan kenyamanan.

Selain itu, padding membantu agar kepala kamu terasa pas saat memakai helm. Coba bayangin kalau ga ada bantalannya. Kamu seperti memakai ember di kepala mungkin.

4. Strap

Chin strap atau tali di bagian dagu ini, sangatlah penting. Kamu tahu dong, helm dengan standar SNI, pasti memiliki chin strap. Tali ini berguna menahan kepala tetap di dalam helm, saat kamu terjatuh dari motor.

Yak, silakan tunjukkan artikel ini, kalau gebetan kamu masih ngeyel. Apalagi kalo iya-iya aja pas disuruh pakai helm, tapi ujung-ujungnya cuma gantungin helm di tangannya.

Mohon maaf ni, kepalanya pindah atau gimana?

Referensi:

https://www.msf-usa.org/downloads/helmet_CSI.pdf



  • 21
  • 0
  • 541
  • 0
  • 41
  • 0
  • 611
  • 129
  • 975
  • 0
  • 46
  • 0