Macam-macam Penyakit Akibat Polusi Udara, yang Berisiko Kamu Alami

Macam-macam Penyakit Akibat Polusi Udara, yang Berisiko Kamu Alami

Beberapa waktu belakangan, kamu mungkin ngerasain polusi yang makin parah. Apalagi kalo kamu tinggal di kota-kota besar. Polusi udara bukan cuma bikin kulit kusam.

Ada macam-macam penyakit yang berisiko muncul. Termasuk penyakit jantung. Lho, kok ternyata serem banget, sih? Jangan-jangan, ada penyakit lainnya juga, gara-gara polusi udara ini.

Efek buruk polusi udara buat kesehatanmu

Sebagai rider, pasti sudah banget menghindari polusi udara di jalanan. Apalagi di jalanan super macet. Di hari-hari kerja, kemacetan itu udah jadi hal mutlak. Kalo ga macet malah aneh. Pas weekend, tetep aja macet juga.

Nah, ini nih, berbagai dampak buruk polusi buat tubuhmu.

  • Bikin kambuh asma:
    Soalnya, partikel-partikel debu dan polusi udara, bisa meningkatkan risiko kambuhnya asma.
  • Meningkatkan risiko kanker paru-paru:
    Zat berbahaya dari asap kendaraan, termasuk nitrogen oksida dan karbon hitam, bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.
  • Memunculkan kanker paru-paru:
    Selain asma, penyakit kanker paru-paru juga bisa muncul, akibat zat berbahaya dari polusi udara. Radang paru-paru juga bahkan bisa terjadi, pada orang yang semula sehat, akibat polusi udara ini.
  • Infeksi:
    Terutama pada anak-anak, risiko infeksi paru-paru semakin meningkat, akibat paparan terhadap udara yang kotor.
  • Gangguan perkembangan anak:
    Polusi udara, bisa menimbulkan gangguan pada paru-paru anak, selain orang dewasa. Sebagai dampaknya, paru-paru anak tidak bisa bekerja dengan maksimal saat dewasa. Anak pun rentan mengalami gangguan perkembangan.
  • Kematian:
    Bukan nakut-nakutin. Ini memang risiko dari paparan terhadap polusi udara. Sebab, harapan hidup memang akan berkurang, jika tubuh terus-terusan terpapar udara kotor dalam jangka waktu panjang.

Lakukan antisipasi dengan langkah ini

Kamu disarankan mencari jalan alternatif, untuk menghindari kemacetan dan pastinya polusi udara. Jika harus bepergian ke daerah dengan polusi udara yang tinggi, dengan menggunakan motor, sebaiknya jangan lupa memakai masker. Ingat, masker untuk menahan polusi, ya. Bukan masker kecantikan. Selain itu, kamu bisa mulai mencoba alternatif perjalanan. Misalnya naik motor sampe stasiun, parkir di sana. Lalu lanjut pake kereta.

Referensi:

https://www.sehatq.com/artikel/dampak-pencemaran-udara-untuk-kesehatan-perlu-diwaspadai



  • 42
  • 6
  • 29
  • 2
  • 43
  • 2
  • 58
  • 0
  • 58
  • 4
  • 795
  • 39