Motor Kamu Boros Bensin? Coba Cek 5 Kebiasaan Ini!

Motor Kamu Boros Bensin? Coba Cek 5 Kebiasaan Ini!

1. Modifikasi

Terkadang pemilik motor melakukan beberapa ubahan modifikasi untuk motornya. Seringkali kita melihat pengendara mengganti bagian knalpot menjadi knalpot racing. Tentunya ubahan ini membuat motor menjadi lebih boros. Selain knalpot, pengendara biasanya melakukan modifikasi di bagian ban dengan mengganti ban standar menjadi ban yang lebih besar ukurannya. Dengan menggati ban dengan ukuran yang lebih besar, maka tentunya rotasi ban akan semakin luas dan panjang sehingga membuat bensin lebih boros.

2. Menarik Gas Secara Spontan

Tentunya untuk yang sudah terbiasa berkendara dengan cara “gaspol” ini pasti akan sulit sekali menghindari hal ini. Tapi ada baiknya kita menghindari hal ini jika ingin berhemat bahan bakar. Menarik gas secara spontan akan mengakibatkan bukaan katup bahan menjadi semakin sering, sehingga bahan bakar yang dibakar oleh mesin akan semakin boros.

3. Ban yang Kurang Angin.

Ternyata ban yang kurang angin mengakibatkan motor menjadi boros lho! hal ini disebabkan karena area pijak ban menjadi lebih lebar dan luas sehingga membuat tarikan lebih berat. Dengan begitu, beban mesin juga menjadi semakin berat dan membutuhkan lebih banyak bahan bakar.

4. Beban berlebih

Tanpa kita sadari, beban yang bertambah pada sepeda motor akan mempengaruhi pembakaran sepeda motor. Semakin berat beban pada sepeda motor, semakin berat pula kinerja mesin untuk mengejar torsi. Pastikan beban yang dibebankan pada sepeda motor kamu tidak meleibihi kapasitas motor kamu ya BroSis

5. Pengereman yang kurang tepat

Pada kecepatan tinggi, hal ini menjadi sangat berpengaruh karena ternyata pada saat pengereman mendadak, mesin bekerja untuk menahan torsi yang sudah besar untuk berhenti. Hal tersebut menyebabkan bahan bakar menjadi terbuang secara sia-sia.