Sering Kena Macet di Jalan? Hati-hati dengan Penyakit Ini!

Sering Kena Macet di Jalan? Hati-hati dengan Penyakit Ini!

Jadi pengendara roda dua, terutama di kota-kota besar, banyak tantangannya. Bukan perkara macet aja. Tapi juga stres dan penyakit-penyakit lainnya. Lho, emang iya?

Ternyata, selain kemacetan, udara yang ga sehat, bisa bikin kamu berisiko mengalami berbagai gangguan kesehatan. Kalau kamu sehari-hari mesti berhadapan dengan kemacetan di jalanan, waspadailah berbagai penyakit ini!

Kamu berisiko alami ini kalau sering macet-macetan

Memang kamu terkadang dilema saat memilih cara untuk bepergian. Jadi lagi-lagi, kamu mesti naik motor untuk ke kantor, kampus, atau jemput gebetan. Padahal ya, kemacetan yang susah banget dihindari kayak kenangan masa lalu, bisa bikin kamu ngerasain ini.

1. Stres

Ada penelitian yang bilang, kemacetan bisa bikin orang jadi agresif. Ga heran, kamu bisa naik darah, kalo kelamaan kena macet. Ini berkaitan dengan kondisi psikologis manusia. Kemacetan di jarak pendek maupun jarak panjang, sama-sama bisa bikin kamu stres.

2. Gangguan pernapasan

Polusi udara dan kemacetan itu mungkin kayak kamu sama gebetan abadi, yang ga bisa dipisahin. Kamu pasti tau dong, asep kendaraan bermotor itu menjadi sumber polutan mematikan. Disebut mematikan, karena bisa bikin nyawa melayang. Bahkan, polusi bisa memicu kematian karena stroke dan serangan jantung. Gangguan pernapasan seperti asma, juga bisa terjadi karena polusi udara. Jadi, polusi bukan cuma perkara bikin upil numpuk di dalem hidung.

3. Sakit pada kaki dan punggung

Kemacetan bikin kamu mesti berada pada posisi yang ga ngenakin pastinya. Kayak digantungin gebetan. Maju nggak, yang ada bikin capek hati nungguinnya. Selain gangguan psikologis seperti stres, kondisi fisik kamu juga ikut terganggu. Kamu bakal ngerasin ngeri di kaki sama punggung.

Jadi mesti gimana, dong?

Kalo memungkinkan, kamu bisa istirahat di tempat yang aman, pastinya, di tengah perjalanan. Kamu bisa nongkrong dulu di kafe-kafe kopi senja bareng gebetan. Kalo ga punya gebetan, ya ga papa kok, nongkrong bareng helm sendiri. Yang penting kamu istirahat sebentar, sebelum lanjutin perjalanan.

Selain itu, kamu bisa mulai coba naik kendaraan umum. Sekarang, kendaraan umum udah ga identik sama yang bobrok-bobrok, kan? Jadi, kamu bisa selang-seling. Misalnya hari ini naik motor, besok bisa naik bus atau kereta. Lusa baru naik motor lagi. Gitu.

Referensi:

https://www.sehatq.com/artikel/penyakit-yang-disebabkan-oleh-kemacetan



  • 42
  • 6
  • 29
  • 2
  • 43
  • 2
  • 58
  • 0
  • 58
  • 4
  • 795
  • 39