Tips Aman Boncengin Gebetan Sampe Jadian

Tips Aman Boncengin Gebetan Sampe Jadian

Salah satu hal penting sebelum boncengin gebetan kamu adalah nyiapin helm buat dia. Ga Cuma itu sih ternyata yang penting. Ada sejumlah teknik berkendara yang mesti kamu kuasai, biar calon pendamping di masa depanmu itu, makin yakin buat milih kamu.

Memang sih, bobot pasanganmu memengaruhi cara berkendaramu. Semakin berat bobot gebetanmu, maka semakin berat juga buat gerakin kemudi. Selain itu, akselerasi bisa melambat, dan jarak pengereman harus ditingkatkan.

Mesti gimana dong, kalau boncengin gebetan?

Kalau merasa berat gebetan memang berlebih, kamu jangan langsung nyerah. Gitu aja masa nyerah. Kamu bisa tetep boncengin dia kok. Caranya, dengan mengikuti petuah-petuah di bawah ini.

1. Perhatikan akselerasi motor

Ini penting banget: jangan sampe bikin boncenger (orang yang kamu boncengin), jadi ketakutan karena tingkah kamu di jalannya. Misalnya, tancap gas tiba-tiba. Atau malah ngerem mendadak.

Selain bikin gebetan kamu naik darah, kelakuan kayak gini juga bisa bikin bahaya, soalnya motor kamu jadi ga stabil. Ingat, di motor kamu ada dua orang: kamu dan gebetanmu.

2. Jangan ngerem mendadak

Jangan pikir kamu bisa ambil kesempatan dalam kesempitan, dengan ngerem mendadak. Kalau kamu pikir taktik ini bisa ampuh dapetin gebetan, pikiran kamu memang sempit berarti. Ngerem mendadak itu bahaya, buat kamu dan buat orang yang kamu boncengin.

Lho, kenapa gitu? Nih, gini. Waktu kamu ngerem mendadak, beban orang yang kamu boncengin, akan beralih ke tubuhmu secara tibat-tiba. Jadi, kamu mesti nahan tekanan ini, dengan memegang handlebar lebih kencang, kan? Memangnya ga sakit?

3. Hati-hati waktu berbelok

Apabila gebetan kamu bisa menyesuaikan posturnya ketika kamu belokin motor (dengan memiringkan tubuhnya mengikuti kamu), maka kalian berdua akan baik-baik saja. Namun apa jadinya kalau motor terlalu miring ketika berbelok?

Gebetan kamu bakal susah benerin posisi tubuhnya lagi, ketika motor kamu selesai berbelok. Selain itu, kamu juga susah mengembalikan motor ke posisi semula. Makanya, hati-hati ya, waktu berbelok.

Nah, sekarang kamu jadi tahu kan, cara boncengin gebetan dengan aman. Kalau mau deket terus sampe jadian, jangan ugal-ugalan di jalan!

Referensi:

https://motorcycle.honda.ca/Content/motorcycle.honda.ca/73cda776-9369-4261-babd-2193ed7bee6f/GenericContent_Link/RideSmart_EN.pdf



  • 320
  • 0
  • 19
  • 0
  • 24
  • 5
  • 401
  • 4
  • 38
  • 4
  • 54
  • 0