Tips Riding Anti-Merinding Buat Kamu Yang Masih Newbie

Tips Riding Anti-Merinding Buat Kamu Yang Masih Newbie

Ciye, punya motor baru, nih! Helm sudah ada? Jaket juga? Nah, kalau perlengkapan berkendaramu sudah lengkap, jangan buru-buru nyusurin jalan.

Ada empat tips riding anti-merinding, buat kamu yang baru aja jadi anak motor. Coba dipelajari ya.

1. Pakai helm

Iya sih, mungkin ada aja rider yang menganggap helm itu ga penting. Kamu jangan kayak gitu ya. Soalnya, para pengendara motor yang ga pakai helm, ternyata 40% lebih berisiko terhadap cedera kepala parah, dalam kecelakaan.

Bukan cuma itu. Naik motor tanpa helm juga meningkatkan potensi cedera otak tiga kali, dibandingkan mereka yang memakai helm.

Walaupun sudah punya helm, jangan langsung sombong. Coba diinget lagi, umur helmnya sudah berapa tahun? Kalau udah lima tahun lebih, sebaiknya kamu beli yang baru. Ih, kenapa? Soalnya, kualitas helm akan berkurang, seiring pertambahan usianya.

2. Pakai pakaian yang tepat

Kamu tau ga, ternyata, t-shirt dan sandal kesukaanmu itu, bisa bikin menderita kalo naik motor. Makanya, pilih pakaian yang bisa melindungi kamu dari angin kencang, serangga yang berterbangan, hingga cuilan-cuilan benda asing.

Kalo ada rezeki lebih, coba cari jaket khusus untuk naik motor. Biasanya, jaket ini dilengkapi dengan bantalan pada bagian tertentu. Meski tebal, bahan jaket ini tetap memungkinkan kulitmu untuk bernapas. Jadi, badan kamu ga bau apek nantinya.

Selain itu, selalu pakai sepatu di atas mata kaki, celana panjang, sarung tangan, dan kacamata. Agar lebih aman, pilih pakaian dengan warna terang, ya. Tujuannya, untuk cari perhatian, dong! Selain cari perhatian ke gebetan, taktik ini juga terbukti jitu untuk cari perhatian ke pengendara mobil di sekitarmu.

Soalnya, para pengendara mobil itu suka ga “ngeh” dengan kehadiran pada rider. Jika rider motor memakai pakaian berwarna ngejreng, para pengendara mobil bisa lebih waspada.

3. Hindari hujan deras

Saat hujan lebat, sebaiknya kamu mengurungkan niatmu untuk membelah jalanan dengan motor. Selain akan membuat tubuhmu berkuah hujan, cuaca buruk semacam ini, bisa menurunkan kemampuan penglihatanmu.

Kemampuan ban untuk ‘mencengkeram’ jalanan juga berkurang, karena kondisi yang licin. Hal ini bisa membuatmu melintir di tikungan. Di tikungan, bukan ditikung (temen)!

4. Waspadai berbagai rintangan

Tau ga, pasir, daun basah, bahkan kerikil, bisa bikin kamu celaka pas lagi naik motor? Mungkin kamu pernah liat body mobil yang penyok dan mengalami bolong imut-imut? Ya itu karena pasir dan kawan-kawannya tadi.

Berbeda dari efeknya pada mobil, rintangan-rintangan yang kelihatannya sepele itu, bisa berbahaya buat pengendara motor. Makanya, kalau kamu memang tidak bisa menghindarinya, usahakan untuk menurunkan laju motor perlahan-lahan.

Sebelum kamu boncengin gebetan, coba pelajari dan praktikkan tips di atas dulu ya. Biar nanti kalo udah bisa boncengin gebetan, kamu keliatannya pro gitu lho, di jalan!

Oh iya, SIM ada kan?

Referensi:

https://www.consumerreports.org/cro/2013/04/10-motorcycle-safety-tips-for-new-riders/index.htm



  • 320
  • 0
  • 19
  • 0
  • 24
  • 5
  • 401
  • 4
  • 38
  • 4
  • 54
  • 0