
Rem Gak Pakem? Ganti Part Ini!
BroSis pernah mengalami rem kurang pakem saat menurunkan kecepatan di perjalanan? Atau BroSis merasa harus menarik tuas rem lebih dalam dari biasanya? Kalau pernah, pasti terasa cukup deg-degan, karena ini tandanya BroSis harus segera mengganti salah satu komponen pada rem yang penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti tabrakan. Tapi jangan khawatir, masalah ini bisa dengan mudah untuk dideteksi dan diatasi. Simak penjelasan berikut, ya!
Tiga Penyebab Utama Rem Gak Pakem
Penyebab pertama rem gak pakem adalah kampas rem sudah menipis atau habis. Kondisi ini mengharuskan piston kaliper bergerak lebih maju dan jika dibiarkan sudah tentu akan merusak piringan disc pad-nya. BroSis harus cek kondisi fisik pada celah-celah kampas rem. Apabila celah-celah tersebut sudah tenggelam atau hanya terlihat di satu sisi saja, bisa dipastikan kalau kampas remnya sudah habis dan harus segera diganti.
Kedua, jika dirasa rem kurang pakem walaupun permukaan kampas masih terlihat tebal, bisa jadi hal ini dikarenakan oleh umur pakai kampas yang sudah terlampau tua dan harus segera diganti juga. Kondisi ini bikin kampas yang sudah panas tidak mampu mencengkram piringan cakram dengan optimal. Biasanya, kondisi ini terjadi setelah melati jarak tempuh 12.000km.
Berbeda jika yang terjadi adalah seal master rem mengalami kerusakan. Hal ini biasanya ditandai dengan adanya rembesan minyak rem di sekitar komponen rem. Jika BroSis mendapati kerusakan ini, sebaiknya langsung ganti kampas rem dengan yang baru walaupun kondisi kampas masih tebal. BroSis juga harus ingat untuk mengecek kondisi minyak rem dan mengganti minyak rem jika sudah melewati batas 20.000 km.
Utak-atik di Rumah atau Bawa Servis Aja?
Jika BroSis sudah mendeteksi kerusakan pada kampas rem atau kampas rem sudah terlampau tipis, alangkah baiknya segera diganti dengan yang baru. Sebenarnya, penggantian kampas rem bisa dilakukan dengan mudah dari rumah BroSis masing-masing. Alat-alat bantunya pun cukup sederhana, walaupun masing-masing rem cakram dan rem tromol membutuhkan alat yang berbeda.
Tapi kalau BroSis masih ragu dan tidak begitu paham dengan komponen yang satu ini, sebaiknya BroSis segera bawa motor kesayangannya ke AHASS terdekat untuk ganti kampas rem. Biar gak salah congkel.
Kalau sudah tahu penyebabnya, BroSis jadi tahu langkah apa yang harus diambil. Selain mudah dideteksi, masalah pada kampas rem juga mudah diatasi. Nah, tinggal BroSis pastikan agar menggunakan kampas rem yang asli dan berkualitas.BroSis juga bisa memesan kampas rem dan sparepart motor Honda lainnya atau booking servis untuk penggantian kampas rem melalui aplikasi Daya Auto. Yuk, langsung download aplikasinya untuk dapat menikmati fitur yang #bikingampang segala hal!